Minggu, 05 November 2017

# Tips and Tricks

Yuk Intip Bahan Dasar Membuat Kue!


Memasak itu kreasi tanpa batas. Termasuk dalam membuat kue. Kita bisa saja menggunakan bahan-bahan sesuai dengan kreasi kita. Namun, tentu ada beberapa bahan-bahan yang tidak bisa digantikan. Lalu untuk kue, apa saja ya bahan-bahan dasarnya ?



Bahan-bahan Dasar Dalam Membuat Kue :

 

1. Tepung Terigu


Tepung Terigu merupakan bahan yang selalu dibutuhkan dalam membuat kue. Namun perlu diingat, tepung terigu memiliki tiga jenis berbeda yang dibedakan dari kadar proteinnya. Jenis tepung terigu yang akan digunakan harus disesuakan dengan jenis kue yang akan dibuat agar hasilnya optimal.

2. Margarine




Margarine merupakan padatan lemak nabati yang rasanya cenderung asin. Margarine berfungsi sebagai bahan pengempuk tekstur kue kering sekaligus memperkaya aroma dan rasanya. Kue dengan bahan baku mentega akan mengembang sempurna, menghasilkan banyak remahan, kering dan rasanya agak pekat di lidah.

3. Telur Ayam



Hampir setiap kue memerlukan telur ayam sebagai bahannya. Telur ayam berfungsi sebagai pelembut, perekat, pemberi rasa gurih, dan penambah nilai gizi. Biasanya dalam suatu resep sudah ditentukan berapa banyak telur yang diperlukan, jadi jangan khawatir mengenai jumlah penggunaanya.

4. Gula Pasir




Selain memberikan rasa manis dan warna pada permukaan kue,  gula pasir berperan penting dalam melembabkan, mengempukkan dan melemaskan adonan. Gula ada beragam jenisnya,  gula yang paling sering digunakan adalah gula pasir dan gula halus. Tetapi Anda juga dapat berkreasi dengan gula palem, gula merah, atau macam-macam gula lainnya.



5. Bahan Pengembang
 

Bahan pengembang yang kerap digunakan pada resep kue kering adalah baking soda atau baking powder. Dalam penggunaannya, bahan pengembang hanya diperlukan sedikit sekitar ¼ - 1 sdt. Penggunaan bahan pengembang secara berlebihan hanya akan membuat kue menjadi mudah gosong dan rasa kue menjadi sedikit pahit.


6. Pemberi Rasa

Kue tentunya lebih nikmat kalau hadir dalam beberapa rasa. Perasa kue yang sering digunakan adalah coklat. Aneka jenis cokelat tersebut antara lain cokelat masak, chocolate chips, bubuk cokelat, dan pasta cokelat. Selain coklat ada juga pasta pandan, strowberry, vanilla ataupun keju dan masih banyak lainnya.



      Nah, itulah tadi beberapa bahan penting dalam pembuatan kue. Tentunya bukan hanya itu yang diperlukan, bahan bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan dan kreativitas masing-masing. Berinovasi akan lebih mudah kalau sudah mengetahui bahan dasar pembuatan kue.

Jadi, sudahkah siap untuk memulai baking?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung 😁
Tulisan ini belum tentu sempurna. Mari kita saling berbagi 😃
Kritik dan sarannya dipersilahkan 😃