Rabu, 08 November 2017

# Tips and Tricks

Jangan Sampai Menyerah! Ini Dia Kesalahan Umum Dalam Membuat Kue

source: google images

75% dari perjalanan belajar membuat kue saya berujung Kegagalan. Kesal memang, saat sudah banyak biaya yang dikeluarkan, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Mmebuat kue memang rentan gagal. Tidak mudah, saat telah yakin semua proses telah dilakukan dengan baik, selalu ada sedikit saja kesalahan dalam proses pembuatan . Saat terjatuh, hal yang  bisa dilakukan hanya satu. Bangkit kembali.

Begitu juga dengan membuat kue, saya hampir menyerah soal membuat kue. Kesal dengan kegagalan. Malas pun datang. Namun karena masih penasaran, saya pun mencoba lagi dan lagi agar mengetahui dan lebih mengerti tentang pembuatan kue. Karena dari kegagalan kita bisa menemukan jalan untuk menjadi benar.
Ternyata membuat kue bukan hanya tentang mengikuti resep. Namun memiliki pengetahuan tentang kue, tips dan trick serta ketelitian harus ikut serta dituangkan.

Nah, kali ini saya akan berbagi kesalahan-kesalahan umum dalam membuat kue.

Kesalahan umum dalam membuat kue.


1. Bila mengikuti resep, jangan sekali-kali dimodifikasi
Seringkali saat akan membuat kue, saya menelusuri internet untuk mencari resepnya. Didalam resep tentunya sudah diberikan bahan beserta takarannya. Sebaiknya ikutilah resep tersebut dan jangan memodifikasinya. Tentu takaran yang diberikan sudah pas untuk hasil akhir kue yang akan dibuat. Jangan sampai mengurangi atau menambah takaran, ya. Bisa jadi hasil akhirnya tidak sesuai harapan.

2. Semua bahan siap, namun tidak dalam suhu ruang
Sebagian dari bahan yang akan digunakan biasanya tersimpan dalam lemari es, seperti susu, keju, mentega, dan telur. Seperti yang telah saya bahas dalam disini. Bahan-bahan yang disiapkan harus dalam suhu ruang. Karena sering tidak sabaran, sering kali saya memasukan bahan yang langsung di ambil dari lemari es. Ternyata , perbedaan suhu bahan-bahan ini sangat berpengaruh pada hasil jadi kuenya. Saat di panggang ataupun dikukus,  perbedaan suhu bahan ini yang akan menggagalkan proses pematangan kue. Sehingga kue tidak matang sempurna dan kue menjadi bantat!
Jadi, sebelum membuat kue pastikan semua bahan sudah dalam suhu ruang.

3. Salah dalam proses membuat adonan.
Terkadang kita berpikir bahwa semua bahan bisa dimasukan atau dicampurkan secara acak. Yang penting tercampur menjadi adonan. Ternyata hal tersebut sangat keliru. Membaca resep dengan cermat adalah kunci kesuksesan adonan. Dalam resep tentunya telah diberikan step by step mencampurkan bahan. Kenapa bahan harus dicampur secara bertahap? Karena adonan tidak akan lekas menerima semua bahan dengan sekejap. Bahan harus dicampur secara bertahap agar tercampur rata dalam adonan.
Pastikan saat membuat adonan, jangan asal cemplung.

Hal penting lainnya dalam adonan yaitu teknik mengaduk adonan. Ternyata mengaduk adonan tidak semudah yang dilihat.  Sering saya berpkir kalau adonan diaduk lebih lama, adonan akan lebih lembut dan merata. Ternyata salah besar. Mengaduk adonan terlalu lama ternyata membuat adonan menjadi bantat.

4. Bahan kering langsung dituangkan.
Bahan kering seperti tepung, gula halus, coklat bubuk dalam sebagian resep memang sering tidak diharukan untuk mengayaknya terlebih dahulu. Sering kita langsung menuangkannya kedalam adonan. Ternyata hal itu juga sangat berpengaruh dalam hasil kue. Jika Ana ingin kue yang lembut, ingat sekali lagi jangan di aduk terlalu lama, yang harus anda lakukan adalah mengayaknya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak ada gumpalan-gumpalan dalam adonan sehingga adonan akan mudah tercampur.

5. Adonan langsung tuang ke loyang telanjang.
Sebelum menuangkan adonan ke dalam loyang, jangan lupa untuk mengolesi dengan mentega terlebih dahulu. Jangan sampai saat kue jadi, Anda kesusahan mengeluarkannya dari loyang. Kue akan nampak tidak sempurna jika dikeluarkan secara paksa dari loyangnya.

6. Oven atau Kukusan belum sesuai permintaan
Banyak artikel dalam di internet menyarankan untuk memanaskan oven atau kukusan terlebih dahulu sampai suhu yang akan digunakan. Namun, seringkali kita melupakan hal yang satu ini. Belum memastikan suhu sudah pas, namun adonan sudah masuk kedalam oven atau kukusan. Hal ini akan membuat adonan gagal mengembang.

7. Tidak sabaran dan Kepo, sering buka-tutup oven atau panci kukusan
Ini tantangan besar untuk si tidak sabaran. Saat menunggu kue matang adalah saat yang menegangkan. Was-was kalau kalau kue gagal. Selalu penasaran apakah kue sudah matang atau belum. Seringkali saya membuka tutup panci atau kaca oven karena tidak sabaran. Tak jarang pula kue yang saya buat gagal karena hal ini .
Jangan sampai hal ini Anda lakukan, karena sering membuka oven atau kukusan akan membuat udara luar masuk dan merubah suhu didalamnya. Kalau suhu panggan menurun, hilang harapan untuk hasil kue yang sempurna.

8. Kesalahan fatal, mengeluarkan kue sesaat setelah kue matang.
Sering saat kue matang, kita langsung mengeluarkan dan mengeksekusinya. Ternyata kebiasaan in adalah kesalahan fatal, lho. Hal ini yang kan membuat kue kempis. Karena suhu kue akan turun secara drastis. Jangan biarkan kue kaget, diamkan dulu beberapa saat dalam oven atau kukusan. Setelah itu baru keluarkan dan diamkan agar sesuai dengan suhu ruang.



Nah, itu tadi dia kesalahan-kesalahan yang sepertinya benar tapi keliru. Nah, setelah mengetahui kesalah tersebut, tentunya siap kembali kedapur kan? Jangan sampai keliru terjadi kembali. Telitilah dan jangan lupa untuk membuat kue dengan penuh cinta.
Agar pemahaman lebih luas, yuk disimak Takut Gagal? Ini Dia Tips-Tips Membuat Kue Untuk Pemula 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung 😁
Tulisan ini belum tentu sempurna. Mari kita saling berbagi 😃
Kritik dan sarannya dipersilahkan 😃