Selasa, 14 November 2017

Resep Kue Cubit Enak dan Lembut

Siapa yang tidak tahu kue cubit?

Ya, kue cubit. Kue yang lucu bentuk dan namanya. Kue cubit ini adalah jajanan yang populer di Jakarta. Kue ini biaanya berukuran kecil dengan bahan utamanya tepung terigu.

Lalu kenapa namanya jadi kue cubit ya?

Ini karena saat kue matang, kue diambil dengan alat penjepit oleh si pembuat , seperti orang yang dicubit dan jadilah kue cubit.

Sekarang, kue cubit sudah sangat populer. Kue cubit sudah masuk ke cafe-cafe ataupun kedai makanan. Kue cubit pun sudah banyak divariasikan.

Nah, kalian penasaran dengan rasa kue cubit? Yuk coba buat kue cubitmu sendiri.
kue cubit, resep kue cubit, kue cubit lembut
https://eatbitestravel.files.wordpress.com/2015/05/img_7396.jpg


RESEP KUE CUBIT ENAK DAN LEMBUT


I. Bahan

  1. Tepung Terigu (50 Gram). Jangan lupa diayak terlebih dahulu.
  2. Gula Pasir (50 gram)
  3. Mentega (50 gram). Mentega yg telah dicairkan.
  4. Baking Powder (1sdt)
  5. Ragi (2 sdt)
  6.  Telur (2 butir)
  7. Vanilli (1 sdt)
*Catatan : Apabila bahan sudah siap, diamkan semua bahan hingga mencapai suhu ruang.


II. Topping
  1. Coklat Chips
  2. Biskuit coklat
  3. Meises
  4. Keju Parut
  5. Susu Kental Manis
# NB : Untuk topping, Anda bisa menggunakan sesuai dengan selera dan kreasi Anda.

III. Cara Membuat.
  1. Siapkan wadah untuk adonan, masukkan telur dan gula pasir. Kocok hingga mengembang. Anda bisa menggunakan mixer. Namun , apalabila Anda tidak memiliki mixer, Anda bisa menggunakan sendok kayu. Kocoklah hingga bahan mengembang namun jangan sampai over mixing.
  2. Kemudian masukan tepung secara perlahan kedalam adonan. Pastikan tepung sudah diayak terlebih dahulu agar menghindari adanya gumpalan dalam adonan. Jangan menggunakan mixer untuk mengaduk!. Aduklah adonan dengan tepung menggunakan spatula hingga tepung tercampur. Jangan smapai over mixing.
  3. Kemudian tuangkan margarin yang telah dicairkan. Pastikan suhu margarin telah mencapai suhu ruang. Kemudian tuang baking powder dan vanilli. Aduk rata menggunakan spatula. Pastikan tidak ada magarin yang mengendap di bawah permukaan adonan. 
  4. Setelah adonan rata, tutup wadah dengan kain bersih. Pastikan tidak ada udara yang masuk kedalam adonan.Hal ini akan memantu adonan untuk mengembang.
  5. Sebelum mulai memasak, panasakan wajan (cetakan kue cubit) terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengoleskan margarin ke cetakan terlebih dahulu.
  6. Tuangkan adonan ke cetakan. Tutup cetakan dengan penutupnya. Masak dengan api kecil.
  7. Saat adonan sudah setengah matang, taburi kue cubit dengan topping yang diinginkan. Kemudian masak kembali dan jangan lupa untuk menutup cetakan.
  8. Kue cubit yang telah matang ditandai dengan warna kecoklatan pada bagian bawah kue cubit. Saat kue matang, kue cubit akan mudah diangkat. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  9. Tata kue cubit diatas piring, taburi dengan meises dan susu kental manis agar lebih nikmat. Kue cubit siap untuk disantap! 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung 😁
Tulisan ini belum tentu sempurna. Mari kita saling berbagi 😃
Kritik dan sarannya dipersilahkan 😃